Tips Baterai Laptop Dell Lithium

Tips Baterai Laptop Dell Lithium

Kami sering mengarahkan pandangan kami pada harga, berat, bentuk dan konfigurasi ketika kami membeli laptop baru. Baterai sering diabaikan. Faktanya, baterai dan kinerja integral dari laptop tidak dapat dipisahkan.Baterai sama pentingnya dengan CPU, mainboard, hard disk, dll. Kami mencantumkan tip dan pedoman di bawah ini.Mari kita dapatkan hasil maksimal dari baterai Laptop Dell litium Anda.

A. Bahan

Baterai di laptop dan notebook pada dasarnya dibuat menggunakan teknologi Nickel Cadmium (Ni-Cd), Nickel Metal Hydride (Ni-MH) atau Lithium Ion (Li-ion). Setiap jenis teknologi baterai isi ulang memiliki karakteristik uniknya sendiri: Ni- Cd adalah baterai yang paling awal digunakan di laptop. Ada banyak kekurangan karena pada saat itu tidak tersedia teknologi yang cukup. Ini besar, berat. Ini juga memiliki kapasitas rendah, umur pendek dan efek memori. Tapi sekarang kita sering menggunakan Ni-MH

dan baterai Li-ion. Baterai litium memiliki kesesuaian yang kuat seperti ukurannya yang kecil, ringan, kapasitas tinggi, efek memori rendah, waktu pengisian daya yang singkat, dll. ” Orang memiliki konsep yang salah bahwa baterai Lithium tidak memiliki efek memori karena disesatkan oleh komersial yang tidak bertanggung jawab. Baterai Lithium juga memiliki efek memori meskipun rendah dan tidak terlihat. Ada dua jenis baterai lithium: baterai li dan baterai li-ion.

Apa perbedaan antara kedua baterai litium ini dan Bagaimana cara membedakannya?

Baterai Li sudah ada sejak lama. Itu tidak cukup aman dan sering terbakar dan meledak. Kemudian orang-orang memperbaiki dan mengembangkan baterai li-ion. Teknologi ini mengendalikan aktivitas elemen lithium dan menjadikan baterai lithium lebih aman, efisien dan nyaman. Akibatnya baterai Li ditarik dari pasar. Cara membedakannya adalah dengan mengenali dari penandaannya. Baterai lithium yang digunakan di laptop dan ponsel saat ini sebenarnya adalah baterai Li-ion.

Apa itu baterai Ni-MH?

Baterai Ni-MH adalah baterai paling ramah lingkungan. Negara yang mementingkan lingkungan sering kali menggunakan baterai jenis ini karena mudah untuk ditarik dan digunakan kembali. Namun baterai Ni-MH memiliki kelemahan dibandingkan dengan baterai Li-ion seperti waktu pengisian yang lama, berat, kapasitas rendah dan efek memori. Meskipun mengalami lebih sedikit efek memori daripada baterai Ni-Cd, baterai perlu dikosongkan sepenuhnya sebelum diisi, tidak hanya untuk

baterai laptop, tetapi juga untuk baterai ponsel. Baterai lithium-ion juga memiliki kekurangannya sendiri seperti biaya tinggi dan siklus pengosongan / pengisian yang lebih sedikit. Baterai Lithium-ion menyediakan 400-600 siklus pengosongan / pengisian, 800 siklus dengan peningkatan khusus. Berdasarkan kalkulasi bahwa baterai diisi sekali sehari, baterai lithium terbaik bisa habis setelah lebih dari 2 tahun. Sementara baterai Ni-MH menyediakan lebih dari 700 siklus pengosongan / pengisian, Ni-MH berkualitas tinggi bahkan dapat menyediakan 1200 siklus. Dengan perbandingan ini, umur baterai Ni-MH lebih lama dibandingkan baterai lithium-ion. Oleh karena itu, kami dapat mengatakan tidak ada baterai Laptop Dell yang sempurna saat ini.

B. Asal Produksi

Pada awalnya, baterai Laptop terutama berasal dari Jepang, Korea, Cina daratan dan Taiwan. Jepang adalah tempat utama karena sebagian besar sel laptop diproduksi oleh pabrikan Jepang seperti Toshiba, Panasonic, Sanyo, NEC dll. Walaupun ada banyak merk laptop dan berbagai macam baterai, selnya berasal dari merk Jepang ini. Pembuatan sel telah menciptakan banyak keuntungan bagi perusahaan elektronik Jepang. Sebagian besar daratan Cina dan

Pabrikan Taiwan memproduksi dengan bahan yang dipasok oleh klien. Dan sel yang digunakan dibuat di Jepang.

C. Berat, Gambar dan Kapasitas

Sebagian besar baterai Laptop Dell adalah kuadrat. Hanya sebagian kecil untuk laptop super tipis yang berbentuk kolom. Berat baterai tergantung pada bahannya dan laptop tempat baterai digunakan. Baterai NiMH yang memiliki kapasitas dan bentuk yang sama dengan baterai Lithium akan berbobot dua kali lipat dari baterai lithium. Kapasitas tersebut diukur dengan mAh yang memiliki hubungan langsung dengan masa pakai baterai. Selain itu, run-time juga sangat bergantung pada daya

teknologi hemat peralatan. Saat memilih laptop, disarankan untuk mempertimbangkan jaminan apa yang dapat ditawarkan produsen untuk baterai.

1. Bagaimana cara mengisi baterai laptop dell pengganti baru Anda dengan benar?

Beberapa laptop dengan baterai lithium-ion menggunakan teknologi sistem baterai kecerahan SBS, yang dapat mengukur masa pakai baterai secara akurat. Meskipun baterai lithium-ion memiliki banyak kelebihan, kami masih perlu menguasai beberapa metode pengisian daya profesional untuk memperpanjang masa pakai baterai dan membuatnya mempertahankan pasokan daya dalam waktu lama. Baterai laptop baru Anda memerlukan tiga siklus pengisian / pengosongan lengkap sebelum digunakan dan mencapai kapasitas maksimum. Artinya, baterai harus diisi penuh dan kemudian dikosongkan sepenuhnya. Ulangi tiga kali sebelum mulai menggunakan baterai. Dengan cara ini, bahan kimia internal baterai dapat diaktifkan dan reaksi kimia internalnya dapat mencapai keadaan optimal.

Setelah aktivasi, baterai dapat diisi ulang dan digunakan dengan bebas. Tetapi baterai harus benar-benar habis sebulan sekali agar aktivitas baterai dapat dilepaskan dengan pengosongan yang dalam dan masa pakai baterai dapat dipertahankan. Jika baterai menganggur selama lebih dari 3 bulan, Anda juga perlu melakukan 3 siklus pengisian penuh dan dsicharge untuk memastikan bahwa baterai diaktifkan. Anda harus mengontrol waktu pengisian dengan baik saat Anda menggunakan baterai Ni-MH. Harap diingat untuk tidak terlalu sering mengisi daya, atau ini akan mempersingkat masa pakai baterai. Selain itu, baterai Ni-MH harus dikosongkan sepenuhnya sebelum diisi. Ini juga membutuhkan tiga siklus pelepasan / pengisian lengkap sebelum mulai menggunakannya.

Sebagian besar pengguna terbiasa menggunakan Arus Bolak-balik alih-alih baterai untuk catu daya saat mereka menggunakan laptop. Sebenarnya baterai perlu digunakan setidaknya sekali atau dua kali sebulan untuk melepaskan tenaga baterai sepenuhnya. Kemudian isi penuh baterai dengan daya AC sekali. Harap diingat bahwa selalu baik jika baterai yang dapat diisi ulang menghabiskan daya baterai sebelum diisi penuh. Pasalnya, baterai li-ion yang digunakan laptop memiliki kemalasan tersendiri dan akan kehilangan keaktifannya saat idle dalam waktu lama. Ini perlu diaktifkan kembali. Disarankan untuk mengeluarkan baterai dari laptop saat menggunakan catu daya AC dalam ruangan untuk menghindari baterai sering terisi. Disarankan juga untuk mematikan laptop agar baterai dapat terisi penuh. Jangan lepaskan daya AC selama pengisian. Selain itu, daya baterai dapat dengan mudah digunakan dan sebagian besar laptop hanya memiliki satu baterai. Karena alasan ini, beberapa produsen telah mengembangkan fitur pengisian cepat yang memungkinkan baterai mengisi ulang dayanya dengan kecepatan tercepat setelah daya habis. Pengisian satu jam dapat mengembalikan baterai lebih dari 90% dari dayanya. Kenapa tidak 100%? Karena pengisian daya 100% yang cepat dan sering akan sangat mempersingkat masa pakai baterai. Untuk memperpanjang masa pakai baterai, pengisian cepat harus dialihkan ke pengisian lambat (yaitu metode pengisian Tegangan Konstan) saat baterai mencapai pengisian 90%.

Untuk laptop umum, metode pengisian daya terbaik adalah mematikan laptop saat baterainya sedang diisi. Waktu pengisian akan dipersingkat 30% dengan metode ini.

2. Perawatan Baterai Laptop Dell

  • Lepaskan Kartu PCMCIA yang tidak terpakai dari notebook Anda untuk memperpanjang masa pakai baterai saat tidak ada sumber daya eksternal yang terhubung.


  • Baterai bekerja paling baik dalam kondisi suhu 20-30 ℃. Ini dapat mempersingkat masa pakai baterai jika menaikkan atau menurunkan suhu.


  • Ini adalah konsep yang salah bahwa mengeluarkan baterai dari laptop ketika catu daya yang stabil untuk memperpanjang masa pakai baterai, karena ketika baterai terisi penuh, sirkuit pengisian akan menutup secara otomatis. Overcharge biasanya tidak akan terjadi.


  • Direkomendasikan untuk melakukan siklus pengisian dan pelepasan daya baterai rata-rata setiap tiga bulan.


  • Jangan gunakan baterai jika tidak diperlukan karena setiap waktu pengisian / pengosongan dapat mempersingkat masa pakai baterai.


  • Cobalah untuk tidak mengisi baterai sebelum daya habis dan jangan mengisi baterai terlalu lama. Ini adalah cara terbaik untuk menghindari efek memori untuk baterai Lithuim dan Ni-MH. Baterai lithium-ion juga memiliki efek memori meskipun tidak sejelas baterai Ni-MH.

3. Tips Penggunaan Baterai

  • Jangan biarkan cairan meresap ke dalam baterai. Setelah cairan masuk ke baterai, hentikan penggunaan baterai. Gunakan selembar kain untuk menyeka dan pindahkan ke tempat-tempat dengan ventilasi yang baik untuk pengeringan. Atau itu akan menyebabkan bahaya.


  • Jangan mencoba membuka atau merakit baterai (kecuali Anda ahlinya). Karena banyaknya rangkaian di dalamnya, pekerjaan yang kasar dapat merusak rangkaian tersebut.


  • Hindari baterai dari panas dan dingin yang ekstrim, kelembaban atau air, cairan kimia. Jangan biarkan bersentuhan dengan logam.
  • Saat meletakkan pangkuan di atas permukaan benda lunak seperti tempat tidur, sofa, karpet, ingatlah untuk tidak melemahkan kemampuan laptop untuk melepaskan panas.


  • Saat mengisi daya, mematikan komputer akan menghasilkan hasil yang lebih baik. Tapi itu tidak wajib. Ini akan baik untuk baterai jika tidak digunakan sampai 30 menit setelah pengisian.


  • Jika baterai digunakan untuk memasok daya, disarankan untuk menggunakan daya sebelum mengisi ulang.
  • Merupakan hal yang wajar jika baterai menjadi hangat saat digunakan karena baterai menghasilkan panas proses pengisian atau pengosongan mengubah energinya. Selain itu, notebook juga akan mentransfer sebagian panas ke baterai saat beroperasi. Jika terlalu panas, mungkin ada masalah dengan perangkat dan teknisi ahli harus memeriksanya.

4. Pertanyaan tentang Baterai Laptop

1) Bagaimana cara memperbaiki baterai yang salah?

Jika baterai telah mengalami masalah seperti waktu pengoperasian yang jelas-jelas dipersingkat dan efek memori yang serius, bagaimana kita dapat memperbaikinya? Coba metode di bawah ini: Pertama, masuk ke BIOS dan tutup manajer daya listrik. Karena banyak laptop memiliki mode hemat listrik, tegangan yang terlalu rendah dapat menyebabkan laptop mati secara otomatis. Lalu hidupkan kembali laptopnya. Tekan JEDA sebelum masuk ke WINDOWS. Biarkan tetap di menu WINDOWS sampai tenaga listrik

menjadi terbiasa yang akan menyebabkan laptop mati. Ulangi proses ini tiga kali sebelum diisi ulang. Cara di atas biasanya sangat efektif, jika baterai Anda tidak berubah meskipun dengan cara di atas, maka tidak ada yang bisa dilakukan.

2) Mengapa kita tidak perlu melepas baterai saat kita menggunakan daya listrik eksternal?

Ada chip di papan utama untuk mencegah harga berlebih. Jika telah diisi hingga 100%, chip kontrol pengisian daya (PET) akan menghentikan pengisian. Jangan khawatir tentang kerusakan apa pun pada baterai.

3) Bagaimana cara menyimpan baterai jika tidak digunakan dalam waktu lama? Ini harus terisi penuh atau habis?

Menyimpan baterai pada pengosongan penuh untuk jangka waktu yang lama akan membuat sel baterai kehilangan aktivitasnya, bahkan perlindungan sirkuit kontrol tertutup sendiri yang mengakibatkan ketidakmampuannya untuk digunakan kembali. Menyimpan baterai dengan daya penuh akan membahayakan keamanan baterai. Cara terbaik untuk menyimpan baterai adalah dengan menyimpan baterai di tempat yang sejuk dan kering pada suhu optimal sekitar 20 derajat dengan kapasitas yang tersisa hanya sekitar 50%. Tentu saja, mendapatkan

baterai yang habis setiap bulan untuk digunakan adalah cara terbaik untuk menjaga baterai pada kondisi penyimpanan yang sangat baik dan daya baterai tidak mengalir sepenuhnya yang dapat merusak baterai.

4) Bagaimana kita memperpanjang waktu kerja baterai laptop?
  • Turunkan kecerahan layar laptop Dell Anda.
  • Manfaatkan stand-by, fungsi dormansi dll. Jika tidak digunakan dalam waktu lama, stand-by atau dormancy tidak hanya menghemat daya listrik tetapi juga memperpanjang umur laptop.
  • Saat baterai sedang digunakan, coba matikan nirkabel, blueteeth dan port inframerah.
  • Sementara itu, coba lepaskan perangkat eksternal yang tidak diperlukan dan hindari menyalakan program dan game 3D besar untuk mengurangi konsumsi daya yang tidak perlu.
5) Bagaimana Anda bisa menggunakan baterai baru Anda?

Baterai baru Anda harus terisi penuh dan kosong sebelum digunakan. Masa transisi yang lama dari pabrik ke pelanggan selama masa menganggur baterai dapat menyebabkan material elektroda mati. Jadi, pada penggunaan awal, baterai mungkin memerlukan tiga siklus pengisian / pengosongan lengkap untuk menghindari pasif dan mengaktifkan kinerja baterai serta memaksimalkan kapasitasnya.

Sementara itu, karena ada port perjanjian transmisi data antara baterai laptop dan laptop, dibutuhkan 2-3 siklus pengisian dan pengosongan sebelum persentase kapasitas baterai yang sebenarnya selaras dengan persentase yang ditampilkan oleh laptop. Pendekatan bersepeda: Masukkan baterai ke laptop dan isi / kosongkan hingga laptop mati. Kemudian isi baterai kembali. Waktu pengisian harus melebihi 12 jam. Ulangi tiga kali.

6) Apakah Anda perlu melepas baterai saat Anda menggunakan daya eksternal?

Ini sebenarnya tergantung pada apakah Anda perlu menggunakan daya eksternal untuk mengisi daya baterai Anda. Siklus pengisian baterai memiliki hubungan langsung dengan masa pakainya. Biasanya hanya ada 500 siklus pengosongan dan pengosongan untuk baterai. Setiap kali, kami mengisi daya baterai, jumlah siklus yang dapat diisi berkurang satu.

Namun, saat ini banyak produsen notebook yang telah mempertimbangkan kerentanan baterai dengan cara meningkatkan teknologi perlindungan baterai sehingga baterai tidak akan terisi jika tidak memenuhi kondisi tertentu. Meskipun demikian, sebaiknya melepas baterai jika daya eksternal digunakan dalam waktu lama karena suhu tinggi selalu tidak baik untuk baterai. Laptop dapat mengeluarkan panas dalam jumlah tertentu saat dioperasikan, sehingga akan menyebabkan kerusakan pada baterai.

7) Haruskah kita menggunakan sepenuhnya daya baterai sebelum diisi ulang?

Bagi orang yang menggunakan baterai li-ion, manfaat terbesar hampir tidak ada efek memori. Oleh karena itu, tidak perlu menunggu sampai daya benar-benar habis sebelum mengisi ulang. Sedangkan untuk baterai Ni-MH dan Ni-CD, lebih baik diisi ulang bila tidak ada

tenaga tersisa, terutama untuk baterai Ni-CD yang efek memorinya sangat jelas. Oleh karena itu, kami menyarankan kepada semua pengguna, terutama untuk pengguna laptop, untuk terlebih dahulu menggunakan daya baterai sebelum mengisi ulang baterai.

8) Mengapa masa pakai baterai yang dapat diisi ulang menjadi pendek saat siklus pengisian berkurang?

Semua baterai isi ulang dibuat dengan bahan kimia. Kimia berubah menjadi tenaga listrik. Secara sederhana, reaksinya dapat dibalik. itu bisa diisi dan habis. Tetapi bahan kimia ini tidak akan mempertahankan sifat kimianya selamanya. Seiring dengan pengisian dan pengosongan, reaksi bahan kimia baterai akan menua dan memburuk yang menyebabkan penurunan kapasitas yang dapat diterapkan. Kemudian waktu penggunaan juga menurun secara bertahap. Bahan kimia akan benar-benar rusak dan baterai tidak dapat digunakan ketika siklus pengisian dan pengosongan mencapai batas tertentu.

9) Baterai kami tidak memiliki daya segera setelah terisi penuh?

Biasanya, ada dua alasan sebagai berikut:

A. Masa pakai baterai hampir habis (Kami harus mengganti baterai laptop dell lain jika itu benar.) Baterai adalah produk yang dapat dibuang. Baterai lithium-ion memiliki sekitar 500 pengisian / pengosongan

siklus. Kinerjanya akan semakin buruk setelah siklus pengisian / pengosongan melebihi 500. Kemudian kita harus mengganti baterai.

B. Baterai tidak digunakan dengan benar. a, Baterai ditempatkan di bawah suhu tinggi. b, Ujung logam dari kelompok baterai mengalami hubung singkat setelah melepas baterai.

C. Kualitas Adaptor AC ke DC kurang baik, sehingga tidak dapat menyuplai tegangan yang stabil dan membuat pengelola daya kebingungan.

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengembalikan Isi Postingan Artikel yang Menghilang di Blog

Tips Komputer Tidak Cepat Panas (CPU)

Ping Update Blog