Panduan untuk Perangkat Keras Laptop

Spesifikasi laptop sangat berbeda tergantung pada apa yang Anda butuhkan untuk keluar dari komputer portabel Anda. Produsen membuat trade-off - prosesor yang lebih lambat memungkinkan baterai yang lebih kecil, misalnya - jadi penting untuk mengetahui apa yang harus Anda korbankan untuk mendapatkan laptop impian Anda. Banyak vendor menawarkan pilihan konfigurasi saat Anda membeli notebook Anda. Kami telah membagi spesifikasi laptop yang paling penting sehingga Anda memahami pilihan Anda.

Prosesor

Kadang-kadang disebut sebagai CPU, atau unit pengolah pusat, prosesor adalah otak dari komputer. Ini adalah chip terpenting dalam notebook, dan memiliki fitur manajemen daya yang memperpanjang masa pakai baterai. Notebook menggunakan berbagai jenis prosesor tergantung pada fokusnya. Bagan di bawah ini menunjukkan semua prosesor laptop yang saat ini tersedia dari AMD dan Intel; dalam praktiknya, sebagian besar produsen menawarkan konfigurasi laptop hanya dengan menggunakan beberapa chip terbaru.

Penyimpanan

Setiap komputer dilengkapi dengan sejumlah memori fisik, biasanya disebut sebagai memori utama atau RAM (random-access memory). Komputer menyimpan aplikasi dan data yang sedang berjalan di area ini. Untuk mengetahui berapa banyak memori yang Anda perlukan, pertimbangkan sistem operasi Anda dan aplikasi yang akan Anda gunakan. Aturan umum: Anda memerlukan setidaknya 1 GB (meskipun 2 GB lebih disukai) untuk Windows Vista atau Mac OS X dan 512 MB untuk semua sistem operasi Windows dan Mac lainnya.

Jika Anda berencana untuk berpegang pada notebook Anda dalam waktu yang lama, cari laptop dengan slot memori yang mudah diakses, karena memori biasanya adalah salah satu spesifikasi pertama yang ingin Anda tingkatkan.

Layar Laptop

Tidak seperti monitor CRT (tabung sinar katoda) desktop tradisional, notebook dikirimkan dengan layar kristal cair (LCD) yang tipis. Ukuran LCD notebook berkisar dari 10,6 inci (diagonal) hingga 20 inci; ukuran layar adalah faktor kunci dalam berat keseluruhan laptop. Untuk kenyamanan menonton pada resolusi Windows 1.024 × 768 yang disukai, kebanyakan orang menyukai LCD 14,1 inci atau lebih besar.

LCD notebook dulunya sangat bervariasi dalam kecerahan, warna, dan ketajaman, tetapi hari ini, Anda akan menemukan kualitas yang jauh lebih baik secara keseluruhan. Sayangnya, dalam hal LCD, spesifikasinya sedikit mengungkapkan tentang kualitas gambar yang sebenarnya, jadi jika Anda pilih-pilih tentang layar, bandingkan beberapa di dealer lokal Anda. Teknologi tampilan notebook terbaru menggabungkan lampu latar LED; saat ini hanya ditemukan pada beberapa model, tampilan LED dengan lampu latar bisa lebih terang, lebih tipis, tidak terlalu haus daya, dan lebih mahal daripada LCD tradisional.

Untuk mengirim dan menerima email, menelusuri Web, dan berbagi file atau printer, buku catatan Anda harus dapat tersambung ke jaringan atau Internet. Ini biasanya dilakukan melalui modem, sambungan Ethernet, atau sambungan nirkabel (baik WLAN atau WWAN). Namun notebook Anda juga memiliki kebutuhan konektivitas tambahan. Notebook menyertakan berbagai port, atau konektor yang secara fisik terhubung ke dan berkomunikasi dengan berbagai jenis peralatan, termasuk kamera digital dan monitor eksternal. Jika Anda tidak dapat menemukan port yang diinginkan, biasanya Anda dapat membeli port replicator atau stasiun dok yang menambahkan konektor. Namun, opsi perluasan notebook ini cenderung mahal, jadi Anda biasanya lebih baik membeli notebook yang memiliki semua yang Anda perlukan di luar kotak. Cari tahu tentang setiap jenis koneksi di bawah ini.

PC Cards and ExpressCards

PC Card, perangkat berbentuk kartu kredit yang dihubungkan ke slot pada notebook Anda, dapat menyediakan sejumlah jenis koneksi – modem, koneksi USB (katakanlah, untuk camcorder digital Anda), dan radio WAN nirkabel semuanya tersedia di PC Card bentuk. Kartu PC berguna karena mudah ditingkatkan dan karena Anda dapat membeli solusi Kartu PC pihak ketiga setelah membeli notebook. Namun, kebanyakan notebook hanya dilengkapi dengan satu atau dua slot Kartu PC Tipe II, memaksa Anda untuk membatasi jumlah Kartu PC yang dapat Anda tambahkan.

ExpressCards adalah generasi selanjutnya dari Kartu PC. Lebih kecil dari Kartu PC yang ada, ExpressCard menjanjikan kecepatan transfer data dua kali lebih cepat, yang berarti kartu tersebut dapat digunakan untuk antarmuka bandwidth tinggi, seperti port Gigabit Ethernet dan tuner HDTV. Standar tersebut masih relatif baru, sehingga tidak banyak modul ExpressCard di pasaran saat ini; namun, sebagian besar laptop saat ini menyertakan slot ExpressCard untuk digunakan di masa mendatang. Jika Anda tahu Anda ingin menambahkan beberapa fungsi bandwidth tinggi ini ke laptop Anda setelah membelinya, pertimbangkan sistem yang mendukung standar baru.

Opsi jaringan

Meskipun standar sedang dihapus, sebagian besar notebook masih dilengkapi dengan koneksi modem 56Kbps (RJ-11), dan hampir semuanya menyertakan koneksi Ethernet (RJ-45) atau bahkan Gigabit Ethernet yang lebih cepat. Hampir semua notebook juga menyertakan antena built-in untuk jaringan nirkabel (802.11, atau Wi-Fi) sehingga Anda dapat mengakses hot spot nirkabel. Jika Anda memilih notebook dengan built in jaringan, lihat panduan pembelian jaringan nirkabel kami untuk mempelajari perbedaan antara standar jaringan yang saat ini ada di pasaran, termasuk 802.11a, 802.11b, 802.11g, dan draft 802.11n.

Jika perjalanan Anda secara teratur membawa Anda di luar jangkauan hotspot Wi-Fi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menghabiskan sedikit uang ekstra untuk notebook dengan kartu WWAN built-in. Sistem ini memungkinkan Anda memanfaatkan jaringan data penyedia seluler. Mereka bisa sangat berguna ketika konektivitas tidak lancar, tetapi teknologinya memiliki kelemahan: paket data masih cenderung mahal; kecepatan throughput, meski terus meningkat, masih lebih lambat dari kebanyakan Internet berkecepatan tinggi; dan kartu seluler internal Anda hanya dapat berfungsi dengan satu penyedia seluler.

Bergantung pada model yang Anda pilih, Anda mungkin juga memiliki opsi (seringkali dengan biaya tambahan) untuk memesan adaptor Bluetooth di laptop Anda. Ini akan memungkinkan Anda menghubungkan laptop Anda ke perangkat berkemampuan Bluetooth lainnya (seperti printer, ponsel, atau PDA) yang berada dalam jarak dekat.

Jika notebook Anda tidak menyertakan adaptor jaringan di atas, cukup mudah untuk menemukan Kartu PC yang menyelesaikan pekerjaan.

Port dan konektor lainnya

Sebagian besar notebook memiliki port VGA untuk monitor eksternal, jack Ethernet dan modem, jack headphone dan mikrofon, dan dua hingga tiga (atau lebih) port USB untuk menghubungkan keyboard dan mouse eksternal, drive, kamera digital, dan pemutar MP3. Untuk penggunaan di rumah, Anda mungkin menginginkan berbagai koneksi A / V, seperti output S-Video, DVI, atau S / PDIF, dan port FireWire untuk merekam dan mengedit video digital atau menghubungkan drive penyimpanan eksternal.

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengembalikan Isi Postingan Artikel yang Menghilang di Blog

Tips Komputer Tidak Cepat Panas (CPU)

Ping Update Blog